MATA MBELING JEIHAN, Jeihan

Judul/Title: Mata mBeling Jeihan
Penulis/Author: Jeihan
Penerbit/Publisher: Grasindo
Edisi/Edition: I, 2000
Halaman/Pages: 148
Dimensi/Dimension: 19 x 25 x 1cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 10.000,-
Call No.: 811/Jei/m/C.1
Status: Ada/Available

***
Adalah penyair Leon Agusta, orang yang menganggap perlu mengungkit dan mengangkat kembali peran puisi mBeling yang pernah hadir dan menghebohkan pada tahun 70-an dalam sejarah sastra Indonesia. Hal ini diungkapkannya secara terbuka di Bandung dalam acara "Hari Syukur dan Tafakur", 3 Oktober 1999, di halaman belakang Studio Jeihan. Banyak di antara para hadirin yang tertarik ang dengan hal tersebut. Di antara yang tertarik menulis buku puisi mBeling, khususnya karya Jeihan, adalah Jakob Sumardjo dan Soni Farid Maulana.

Puisi-puisi mBeling Jeihan yang berjumlah 40 buah, ditelah oleh dua pengamat sastra dari dua generasi. Prolog disuguhkan oleh penyair Soni Farid Maulana, serta epilog oleh pengamat sastra Jakob Sumardjo, kawan dekat Jeihan selama lebih dari 25 tahun.

Dua pandangan dari dua generasi yang berbeda ini dapat Anda simak melalui analisis dan kesimpulan mereka masing-masing. Setiap tafsir atas puisi adalah sah-sah saja untuk berbeda, asal semuanya itu ada pertanggungjawaban rasionalitas dengan bukti empirik puisi itu sendiri. Semakin beragam tafsir, semakin meneguhkan kekayaan makna sebuah karya puisi.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment