MEMOAR OEI TJOE TAT, Oei Tjoe Tat

Judul/Title: Memoar Oei Tjoe Tat: Pembantu Presiden Soekarno
Penulis/Author: Oei Tjoe Tat
Penerbit/Publisher: Hasta Mitra
Edisi/Edition: 1998
Halaman/Pages: 412
Dimensi/Dimension: 14.5 x 21 x 2cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 30.000
Call No.: 920/Tat/m/C.1
Status: Ada/Available

***
Pengangkatan seorang keturunan Tionghoa menjadi Menteri, disamping yang setuju tentu ada yang tidak, bahkan mungkin dari kalangan keturunan Tionghoa sendiri ada yang tidak senang, walaupun tidak dinyatakan terbuka. Sejak muda, Oei Tjoe Tat sangat aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, akan tetapi dia tidak dikenal sebagai politikus, malah menurut hemat saya Oei Tjoe Tat boleh dikatakan a-politis. Tetapi itu pula rupanya menjadi salah satu pertimbangan Presiden Soekarno untuk mengangkatnya menjadi pembantunya setelah cukup lama mengobservasi bahwa sikap "a-politis"-nya justru positif karena dia lurus, berani dan corect dalam sepak-terjangnya.

Saya dapat membayangkan betapa suatu kontroversi dialami dalam dirinya, sebab di satu pihak dia sangat percaya pada Soekarno dan hak-hak azasi manusia, di lain pihak suasana dan praktek revolusioner di masa itu tidak selalu menghormati hak-hak azasi. Membaca memoarnya kita melihat bagaimana suatu pribadi meluncur ke dalam sejarah, bukan sosok yang berpamrih melemparkan diri ke dalam sejarah.

Setelah 50 tahun merdeka, separohnya dalam zaman Orde Baru, seyogianya selesailah segala kontroversi sosial-politik di masa lalu karena isu-isu baru yang lebih relevan perlu dihadapi.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment