TEORI PEMBANGUNAN DAN TIGA DUNIA, Bjorn Hettne

Judul/Title: Teori Pembangunan dan Tiga Dunia
Penulis/Author: Bjorn Hettne
Penerbit/Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Edisi/Edition: 2001
Halaman/Pages: 528
Dimensi/Dimension: 13.5 x 20 x 3cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 67.500,-
Call No.: 360/Het/t/C.1
Status: Ada/Available

***
Development Theory and the Three Worlds, Teori Pembangunan dan Tiga Dunia, merupakan tinjauan menyeluruh atas teori ilmu sosial yang relevan untuk memahami masalah pembangunan, dalam konteks historis dan geografis yang berbeda. Sejarah pemikiran pembangunan ini meliputi dunia pertama (negara industri Barat), dunia kedua (negara sosialis), dan dunia ketiga (negara berkembang). Pembahasan dimulai dengan teori pembangunan awal, terutama yang berasal dari Eropa. Kemudian dijelaskan bagaimana teori tersebut diperkaya, ditantang, serta diubah untuk menanggapi realitas Dunia Ketiga yang miskin, yang dapat kita lihat juga di Indonesia belakangan ini.

Krisis besar ekonomi yang dialami Indonesia pada 1998 dipicu oleh jatuhnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika. Hal ini dengan jelas mencerminkan fenomena ketergantungan dan globalisasi yang diuraikan dalam buku ini. Demikian pula, pertentangan etnis dan ancaman disintegrasi bangsa bukanlah sesuatu yang khas Indonesia. Dalam kerangka teori pembangunan, Profesor Hettne menunjukkan kasus yang sama di negara lain. Masih banyak lagi isu penting yang dapat ditemukan dalam buku ini, di antaranya modernisasi, pribumisasi, lingkungan hidup, dan pembangunan alternatif.

Teori Pembangunan dan Tiga Dunia merupakan kajian yang amat berguna sebagai referensi dasar bagi pemerintah, pelaksana dan pengawas pembangunan, mahasiswa, dosen, pengamat ekonomi, aktivitas sosial dan pembangunan, serta bagi siapa saja yang ingin memahami persoalan pembangunan dan ekonomi.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment