MALAM JAHANAM, Motinggo Busye

Judul/Title: Malam Jahanam
Penulis/Author: Motinggo Busye
Penerbit/Publisher: Pustaka Jaya
Edisi/Edition: 1995
Halaman/Pages: 78
Dimensi/Dimension: 14 x 20 x 0.5cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 5000
Call No.: 812/Bus/m/C.1
Status: Ada/Available

***
MALAM JAHANAM mendapat sambutan yang amat hangat tatkala diterbitkan pertama kali tahun 1961, setelah beberapa waktu sebelumnya berhasil memenangkan hadiah pertama Sayembara Penulisan Lakon yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Drama satu babak yang dimainkan oleh lima orang pelakon ini berhasil menampilkan sisi gelap-jahanamnya -- manusia, disamping juga aspek ketulusan dan kelembutan hati Tokoh utama drama ini, Mat Kontan, dalam kehidupannya sehari-hari dikenal sebagai seorang yang gila burung, selain seorang penjudi besar. Betapa ia menggelimangkan diri dengan kecintaannya terhadap burung ini, amat jelas terasa taktkala ia tidak memedulikan anaknya yang jatuh sakit. Ia bahkan sibuk menimang-nimang perkutut betinanya, padahal di sisi lain ia sangat bangga terhadap si Kontan Kecil, kendati anaknya itu sesungguhnya.....

Membaca dan menyimak lakon ini, kita jadi bisa turut merasakan berubah-rubahnya situasi jiwa Mat Kontan. Di saat ia bangga, kita ikut membusungkan dada. Namun di saat ia berang, kita pun dicekam kegeraman. Juga kepasrahannya pada nasib, kita rasakan sebagai kepasrahan yang mutlak. Ini tentu berkat pemilihan kata-kata dalam percakapannya sederhana tetapi tepat. Tepat, karena bisa dirasakan sebagai ungkapan pribadi pengucapnya. Jalinan plot Motinggo mengesankan suatu kecermatan penyusunan, sekaligus menunjukkan keuletan, penempatan momen-momen ketegangan yang pas dan tepat.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment