GLOBALISME: BANGKITNYA IDEOLOGI PASAR, Manfred B. Steger

Judul/Title: Globalisme: Bangkitnya Ideologi Pasar
Penulis/Author: Manfred B. Steger
Penerbit/Publisher: Lafadl
Edisi/Edition: II,2006
Halaman/Pages: 282
Dimensi/Dimension: 14 x 21 x 1.5cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 47.500
Call No.: 337/Ste/g/C.1
Status: Ada/Available

***
Istilah globalisasi sering diartikan sebagai penyusutan ruang dan waktu. Ia juga dinilai telah membuat segelintir orang menjadi sangat kaya raya, sekaligus menjerumuskan lebih banyak orang lagi ke jurang kemiskinan dan kesengsaraan yang memilukan. Pemahaman publik mengenai dinamika sebuah perubahan besar yang disebut dengan globalisasi ini cenderung berkiblat pada kekuatan-kekuatan sosial dalam ideologi globalisme. Kaum globalis atau pendukung globalisme secara terus-menerus memelintir realitas sosial demi meligitimasi dan mengokohkan berbagai kepentingan kekuasaan mereka. Hal ini dilakukan dengan menyodorkan agenda pembicaraan dan berbagai pernyataan kepada publik yang meligitimasi bangunan globalisasi tersebut.

Titik tekan buku ini adalah pada dimensi gagasan dan normatif dari globalisasi itu sendiri. Ini menjadi penting sebab kebanyakan buku mengenai globalisasi cenderung berkonsentrasi pada aspek ekonominya atau sekadar menjelaskan dampak dari salah satu aspek globalisasi, misalnya dampak perdagangan bebas dan lain-lain. Sebenarnya yang tidak kalah pentingnya adalah mengeksplorasi peranan ide-ide dalam proses tersebut. Sebab globalisasi juga merupakan praktik ideologis dan linguistik. Globalisasi juga merupakan kisah bujuk rayu politik neolibageral. Karena itu, analisis buku ini menggunakan pendekatan analisis wacana yang secara kritis mengamati narasi neoliberal tentang globalisasi. Dengan demikian, dengan membaca dinamika ideologis globalisme tersebut kita bisa melacak bagaimana strategi diskursif kekuatan-kekuatan neoliberal untuk mengkonstruksi realitas.

0 comments:

Post a Comment