MASALAH SOSIAL DAN PEMBANGUNAN, Soetomo

Judul/Title: Masalah Sosial dan Pembangunan
Penulis/Author: Soetomo
Penerbit/Publisher: Pustaka Jaya
Edisi/Edition: 1995
Halaman/Pages: 192
Dimensi/Dimension: 14 x 21 x 1cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 7.900
Call No.: 360/Soe/m/C.1
Status: Ada/Available

***
Masalah sosial merupakan gejala sosial yang sudah sejak lama ada. Masalah sosial ini berkembang dan berubah baik secara kuantitatif maupun kualitatif sejalan dengan perkembangan masyarakat. Dengan perkataan lain dapat disebutkan, bahwa walaupun masyarakat berkembang semakin modern tidak berarti masalah sosial akan menjadi berkurang apalagi hilang. Mungkin saja masalah lama sebagian hilang, akan tetapi akan berganti dengan munculnya masalah baru, atau masalah lama tetap bertahan dengan bentuk dan kualitas baru.

Tulisan ini mencoba membuat inventarisasi berbagai pandangan dilihat dari perbedaan unit analisis yang digunakan yang pada umumnya berkisar antara pendekatan individual dan pendekatan sistem. Unit analisis yang dimaksud menyangkut satuan pengamatan dalam melakukan identifikasi masalah maupun satuan yang dianggap sebagai sumber masalah dalam proses diagnosa.

Disamping itu, juga dicoba diinventarisir berbagai perspektif yang selama ini digunakan untuk memahami dan menjelaskan masalah sosial beserta teori dan paradigma yang mendasarinya. Lebih dari itu, untuk mempertegas bahwa studi masalah sosial tetap relevan dikembangkan di era pembangunan ini, tulisan ini juga mencoba melihat keterkaitan studi masalah sosial dengan proses pembangunan masyarakat.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment