CONFESSIONS OF AN ECONOMIC HITMAN, John Perkins

Judul/Title: Confessions of an Economic Hit Man
Penulis/Author: John Perkins
Penerbit/Publisher: Abdi Tandur
Edisi/Edition: I, 2005
Halaman/Pages: 278
Dimensi/Dimension: 15.5 x 24 x 1cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price:Rp 68.000
Call No.: 337.1/Per/c
Status: Ada/Available

***
Dalam cerita pribadi yang memukau ini, Perkins menceritakan perjuangan pribadinya dari seorang pelayang kerajaan menjadi pejuang yang gigih untuk hak asasi manusia dan orang-orang tertindas. Sebagai hasil rekrutmen terselebung oleh United States National Security Agency dan tercantum sebagai penerima gaji dari perusahaan konsultan internasional, dia berkelana ke berbagai pelosok dunia -- Ke Indonesia, Panama, Ekuador, Kolombia, Saudi Arabia, Iran dan negara strategis lainnya.

Pekerjaanya adalah menerapkan kebijakan yang mempromosikan kepentingan kororatokrasi (koalisi pemerintah, bank dan korporasi) Amerika Serikat, sambil menyatakan minat mengurangi kemiskinan - suatu kebijakan yang sebenarnya mengasingkan berbagai bangsa serta menyebabkan peristiwa 11 September dan meningkatkan Anti-Amerika.

Cerita dari Perkins menjelaskan seberapa jauh dia dan teman-temannya -- yang mereka sebut sebagai Economic Hit Man - bersedia terlibat. Dia menerangkan, misalnya bagaimana dia membantu penerapan skema yang akan mengucurkan jutaan dolar dari Saudi Arabia kembali ke ekonomi Amerika Serikat, sekaligus juga mempererat hubungan fundamentalis di Saudi Arabia dengan pemerintah Amerika.

Perkins memaparkan berbagai cara tersembunyi dari kerajaan untuk mengendalikan sejumlah peristiwa dramatis dalam sejarah, seperti kejatuhan Shan Iran, kematian presiden Panama Omar Torrijos, dan invasi Amerika ke Panama dan Irak.

Confessions of an Economic Hit Man -- yang diperingatkan oleh banyak orang agar tidak ditulis- mengemukakan pengetahuan tentang sistem yang memacu globalisasi dan memicu kemiskinan jutaan manusia di seluruh dunia.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment