MANAJEMEN PERPUSTAKAAN: SUATU PENDEKATAN PRAKTIK, Sutarno NS

Judul/Title: Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik
Penulis/Author: Sutarno NS
Penerbit/Publisher: Samitra Media Utama
Edisi/Edition: 2004
Halaman/Pages: 268
Dimensi/Dimension: 14 x 21 x 1.5cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp.
Call No.: 020.6/Sut/m/C.1
Status: Ada/Available

***
Sebuah perpustakaan akan dapat "memainkan" peran sebagaimana mestinya manakala dikelola menurut "kaidah" yang berlaku. Kaidah itu adalah, pertama menurut teori atau ilmu perpustakaan, dan ilmu-ilmu lain yang berkaitan seperti Manajemen, Sistem Informasi Manajemen, Teknologi Informasi. Kedua menurut praktik yang disesuaikan dengan situasi dan lingkungan setempat. Sebab menurut pengalaman dalam banyak hal, segala sesuatu yang dilakukan berdasarkan teori saja, biasanya belum dapat mencapai hasil yang maksimal. Sebaliknya jika hanya diselenggarakan dengan pengalaman praktik tanpa berpedoman kepada ilmu yang bersangkutan, belum juga menjamin dapat berlangsung sebagaimana diharapkan.

Pertanyaannya: Apakah perpustakaan yang sudah diselenggarakan menurut "aturan main" tersebut bisa dijamin akan berhasil baik? Belum tentu. Oleh karena masih ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi atau menentukan keberhasilan sebuah perpustakaan. Paling tidak, ada dua hal lagi yang dapat memberikan warna, yaitu semangat manusia yang mengelola dan respon masyarakat pemakai atas keberadaan perpustakaan tersebut. Keterpaduan atas faktor-faktor tersebut merupakan prasyarat untuk membina dan mengembangkan perpustakaan dalam memberikan makna, mengangkat citra, dan kinerja yang lebih baik.

Buku ini memberikan gambaran tentang bagaimana mengelola perpustakaan menurut keduanya, teori dan pendekatan praktik. Semoga apa yang terkandung di dalamnya dapat memberikan manfaat.


PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment