METODE PENELITIAN PARTISIPATORIS DAN UPAYA-UPAYA PEMBERDAYAAN, Britha Mikkelsen

Judul/Title: Metode Penelitian Partisipatoris Dan Upaya-Upaya Pemberdayaan
Penulis/Author: Britha Mikkelsen
Penerbit/Publisher: Yayasan Obor Indonesia
Edisi/Edition: 1999
Halaman/Pages: 438
Dimensi/Dimension: 14 x 21 x 2cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 47.500
Call No.: 001.42/Mik/m/C.1
Status: Ada/Available

***
Buku ini dapat dibaca sebagai masukan alternatif mengenai metode penelitian model apa yang kiranya memadai dan dapat dipercaya dalam meneropong realitas masyarakat sedekat mungkin, yang pada gilirannya memberi arah pada kegiatan pembangunan masyarakat serta upaya-upaya pemberdayaannya secara tepat guna dan tepat sasaran.

Dari pengalaman beberapa dasawarsa terakhir menjadi nyatalah bahwa pendekatan kebijakan "dari atas ke bawah" (top-down-policy) tidak selalu menggembirakan, penuh kebocoran dan bias.

Metode Penelitian Partisipatoris,
yang merupakan konsep alternatif itu, kini makin menemukan momentumnya. Tetapi persetujuan kita pada metode ini, belum membuktikan apa-apa, sebab tanpa alat-alat analisis yang cukup dan indikator yang sahih, kita mungkin jatuh lagi pada "kebiasaan lama".

Pendidikan yang diterima para praktisi riset pembangunan tidak selalu mempersiapkan mereka dengan alat dan sasaran serta metode yang memadai untuk studi dan penelitian lapangan dimana mereka bekerja. Sering metode yang mereka pakai sudah ketinggalan, sehingga tidak cocok lagi. Perjalanan waktu menambah lagi pertanyaan-pertanyaan baru sehingga banyak metode penelitian tampaknya terus tercecer di belakang.

Oleh karena itu, pendekatan partisipatoris yang dipaparkan secara cukup rinci di dalam buku ini semoga dapat memperkaya metode penelitian dalam masing-masing disiplin ilmiah yang sudah kita kenal.


PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment