ANAK BAJANG MENGGIRING ANGIN, Sindhunata

Judul/Title: Anak Bajang Menggiring Angin
Penulis/Author: Sindhunata
Penerbit/Publisher: Gramedia
Edisi/Edition: II, 1984
Halaman/Pages: 363
Dimensi/Dimension: 14 x 20.5 x 1.5cm
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 25.000
Call No.: 813/Sin/a/C.1
Status: Ada/Available

***
Buku ini merupakan penyempurnaan dari kisah Ramayana, tulisan Sindhunata, yang telah dimuat sebagai serial di Harian Kompas setiap hari Minggu selama tahun 1981. Pengarang menimba ilham penulisan buku ini dari kisah Ramayana sebagaimana sedang hidup di kalangan masyarakat Jawa. Tetapi buku Anak Bajang Menggiring Angin ini sebenarnya sebuah versi baru karena yang dilukiskan adalah harapan dan kerinduannya sendiri, yang sangat diwarnai oleh latar belakang dimana wayang berperan. Dan tokoh-tokoh wayang, yang memang imaginatif ternyata banyak membantu menuangkan maksudnya.

Buku ini akan menggugah pembaca untuk mempertimbangkan adanya suatu kenyataan lain, yang barangkali sedang dilalaikan. Ditampilkan suatu kisah, yang mengandung suatu kemustahilan, sesuatu yang asing untuk pengalaman biasa, mungkin sebuah impian kosong, bila dipandang dari kenyataan sehari-hari. Tetapi kekuatan dari karya sastra ini justru terletak dalam menjalin kisah tentang impian seakan-akan tampil sebagai cita-cita.

Siapa dapat memastikan: apakah kenyataan sesungguhnya impian dan impian malah justru kenyataan, karena tidak semua impian berakhir dalam kesia-siaan? Buku ini memberi harga yang mahal dan nilai yang tinggi terhadap impian manusia.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment