ARGUMENTASI DAN NARASI, Gorys Keraf

Judul/Title: Argumentasi dan Narasi
Penulis/Author: Gorys Keraf
Penerbit/Publisher: Gramedia
Edisi/Edition: 1989
Halaman/Pages: 209
Dimensi/Dimension: 14 x 21 x 1cm
Bahasa/Language: Indonesia
Call No.: 405/Ker/a/C.1
Status: Ada/Available

***

Argumentasi adalah dasar yang paling fundamental dalam ilmu pengetahuan. Setiap ilmuwan dengan sendirinya dituntut untuk selalu dapat menyajikan atau mengemukakan pendapat dan pikirannya secara argumentatif, baik lisan maupun dalam tulisan.


Salah satu titik berat buku yang ditulis ini adalah Argumentasi. Buku ini merupakan rangkaian dari buku Komposisi-yang sudah mengalami beberapa kali cetak ulang -- Diksi dan Gaya Bahasa, dan Eksposisi dan Deskripsi dari penulis yang sama.


Pada Bagian Pertama, yakni Argumentasi, Dr. Gorys Keraf menguaraikan: bagaimana menyusun penalaran yang logis dan kritis, metode induksi dan deduksi, bagaimana mengadakan penilaian atau penolakan terhadap pendapat orang lain, penyusunan tulisan yang argumentatif, dan juga mengenai persuasi. Sedangkan pada Bagian Kedua, yaitu Narasi, penulis membahas: bentuk-bentuk narasi, strukur narasi, struktur perbuatan, makna sebuah narasi dan sudut pandangan. Kesemuanya itu diuraikan secara terperinci dan sistematis, lengkap dengan contoh-contoh (dan kadang-kadang juga disertai skema-skema) yang jelas dan mudah dimengerti.

Buku ini amat banyak manfaatnya bagi para mahasiswa, terutama dari fakultas ilmu-ilmu budaya dan ilmu-ilmu sosial, karena ia memberikan dasar-dasar untuk mengemukakan pendapat dan pikiran secara argumentatif, sistematis, logis dan kritis, baik lisan maupun dalam tulisan. Di samping itu, buku ini pun akan banyak membantu para mahasiswa dalam penyusunan paper maupun skripsi.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment