DAKWAH WALI SONGO, Purwadi & Enis Niken

Judul/Title: Dakwah Wali Songo: Penyebaran Islam Berbasis Kultural di Tanah Jawa
Penulis/Author: Purwadi, Enis Niken
Penerbit/Publisher: Panji Pustaka
Edisi/Edition: 2007
Halaman/Pages: 284
Dimensi/Dimension: 20.5cm
Bahasa/Language: Indonesia
Call No.: 2X7.2/Pur/d
Status: Ada/Available

***
Sejarah Wali Songo berkaitan dengan penyebaran Dakwah Islamiyah di Tanah Jawa. Sukses gemilang perjuangan para Wali ini tercatat dengan tinta emas dengan didukung penuh oleh Kasultanan Demak Bintoro, agama Islam kemudian dianut oleh sebagian besar masyarakat Jawa, mulai dari perkotaan, pedesaan, dan pegunungan. Islam benar-benar menjadi agama yang mengakar.

Proses Islamisasi di pulau Jawa berjalan dengan aman dan damai, tanpa ada pergolakan serta kegoncangan psikologis dan sosial. Hal ini disebabkan para wali lebih menggunakan pendekatan kultural, yang sarat dengan simbol-simbol kebudayaan lokal, seperti wayang dan gamelan. Akulturasi kebudayaan yang dipelopori Wali Songo dilanjutkan oleh juru dakwah berikutnya, sehingga pengalaman dan praktek Islam di Jawa terasa amat khas.

Agama dan budaya berjalan secara selaras, serasi dan seimbang. Kehadiran buku ini memberi penjelasan yang integral, sistematis dan komprehensif tentang sejarah-sejarah perkembangan Islam di Tanah Jawa. Kecerdasan spiritual dan kultural Wali Songo diulas secara tuntas, tegas dan pantas. Sebuah buku bermutu yang berguna bagi para ulama, santri, cendekiawan, budayawan, ahli dakwah dan masyarakat umum.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment