HUJAN BULAN JUNI, Sapardi Djoko Damono

Judul/Title: Hujan Bulan Juni
Penulis/Author: Sapardi Djoko Damono
Penerbit/Publisher: Grasindo
Edisi/Edition: 1994
Halaman/Pages: 114
0Dimensi/Dimension: 14x 21 x 0.5cm
Bahasa/Language: Indonesia
Call No.:811 /Dam /h/C.1
Status: Ada/Available

***
Sajak-sajak 1971 umumnya adalah sajak-sajak yang bila dibaca penyair lain akan menimbulkan seru, " Mengapa saya tidak menulis seperti itu tentang itu!" Dengan kata lain, merupakan puisi-puisi yang harus (karena layak) dicemburui ... Kata-kata tidak lagi merekat menempel, tetapi bergerak hidup bulat; menjadi tanda dan sekaligus mikrokosmos sendiri.
(Gunawan Mohamad, catatan untuk Mata Pisau)

Agar bisa memahami dengan baik karya Sapardi, kita harus menyadari bahwa ia telah dengan sengaja memilih untuk selalu berada dalam kaitan antara antara ambiguitas dan konvensi puisi. Dalam kenyataannya, ia telah menciptakan genre baru dalam kesusastraan Indonesia, yang sampai kini belum ada nama yang sesuai untuknya... Ia seorang penyair yang orisinal dan kreatif, yang eksperimen-eksperimennya -- inovasi yang sangat mengejutkan dalam segala kesederhanaanya -- mungkin merupakan petunjuk bagi perkembangan di masa mendatang.
(A. Teeuw. Modern Indonesian Literature II)

Indonesia tidak banyak memiliki banyak penyair yang juga akademikus, dan salah seorang yang paling mempesona dan cemerlang adalah Sapardi Djoko Damono ...
Puisi-prosanya adalah suatu perkembangan baru, namun senantiasa peka terhadap kualitas imajistik puisi ... perpaduan antara kemungkinan-kemungkinan prosa dan puisi telah memungkinkannya menciptakan suatu bentuk yang luwes, dan ketelitian serta keterampilan yang merupakan ciri kebanyakan sajaknya menunjukkan kepada kita bahwa ia adalah seorang perfeksionis dalam bentuk maupun bahasa.
(Muhammad Hj. Saleh, Walking Westward in The Morning)

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment