ENSIKLOPEDI TOKOH SUFI, Abd ar-Rahman Jami

Judul/Title: Ensiklopedi Tokoh Sufi: Warisan Spiritual dan Keluruhan Para Mahaguru Sufi
Penulis/Author: Abd ar-Rahman Jami
Penerbit/Publisher: Beranda
Edisi/Edition: 2007
Halaman/Pages: 435
Dimensi/Dimension: 15.5 x 23 cm
Bahasa/Language: Indonesia
Call No.: 204/Jam/e
Status: Ada/Available

***
Buku ini diterjemahkan dari kitab Nafahat al-Uns, sebuah karya paling monumental Abd al-Rahman Jami [817-898H/1414-1492M], seorang sufi agung yang tidak hanya dikenal di Timur [kalangan Muslim sendiri], tetapi juga di Barat [kaum orientalis pengkaji tasawuf]. Jami juga terkenal karena novel legendaris sepanjang zaman yang pernah ia buat, Yusuf dan Zulaikha. Kitab ini sejajar dengan sekian karya tentang tasawuf dan biografi tokoh Sufi yang pernah ditulis. Dibanding Hilyah al-Auliya, Tadzkirah al-Auliya, Thabaqat al Shufiyyah, ataupun Kasyful Mahjub, karya ini tentu saja tidak kalah menarik.

Dikemas dalam dua bagian, bagian pertama karya ini merupakan pengantar, memuat sembilan penjelasan mengenai doktrin-doktrin penting dalam dunia tasawuf. Nilai penting bagian ini, sebagi rujukan para pengkaji dan pegiat dunia sufi, terletak pada analisis penulis yang khas, tajam, detail dan informatif tentang: sumber ajaran tasawuf, frnomena tarekat, aliran-aliran sufi, serta ditambah pula dengan perspektif pribadi sang penulis sebagai pelaku tasawuf.

Yang terpenting adalah bagian kedua, karena memuat biografi 200 syekh sufi terkemuka selama kurun abad III H, mencakup sejarah kelahiran dan wafat mereka, perjalanan hidup, status kesufian [hal], maqam ruhani [maqamat], serta karamah-karamah mereka.

Menarik, Jami juga menyunting pelbagai aforisma dan kisah spiritual para syekh tersebut, serta menjelaskan bagian demi bagian, petuah-petuah mereka, sehingga kemudian kita mengenalnya sebagai kredo-kredo sufi.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment