IN THE NAME OF HONOR: ATAS NAMA KEHORMATAN, Mukhtar Mai

Judul/Title: In the Name of Honor
Penulis/Author: Mukhtar Mai
Penerbit/Publisher: Alvabet
Edisi/Edition: I, 2007
Halaman/Pages: 204
Dimensi/Dimension: 12.5 x 20 x 1 cm
Bahasa/Language: Indonesia
Call No.: 920.72/Mai/n
Status: Ada/Available

***
Untuk pertama kalinya, Mukhtar Mai menuangkan pengalaman pahitnya dalam buku yang sangat menyentuh hati. Sebuah kisah mengenai penderitaan dan kehinaan yang mendalam, juga keberanian dan keyakinan yang besar.

Pada 22 Juni 2002, Mukhtar Mai dijatuhi hukuman oleh Dewan Adat di desanya dengan cara diperkosa. Dia dipengangi oleh empat orang laki-laki ditelanjangi dan kemudian diperkosa beramai-ramai. Lalu, ia diperintahkan untuk berjalan pulang dalam kondisi setengah telanjang di hadapan 300-an penduduk desa. Dengan cara dipertontonkan dan dipermalukan di depan umum, Mai harus melakukan itu demi "membayar" suatu tindak kejahatan yang tanpa bukti, yang dituduhkan kepada adik laki-lakinya.

Adik laki-laki Mai, ABdul Syakur [12 tahun] dituduh memiliki affair dengan seorang gadis dari kasta yang lebih tinggi. Dewan Adat akhirnya menjatuhkan hukuman kepada Muktar Mai dengan cara diperkosa. Menjelang menit-menit pelaksanaan hukumannya, Mukhtar Mai meminta belas kasihan, memohon agar adiknya dibebaskan, dan membaca Al-Qur'an -- satu-satunya bacaan yang dihapalnya.

PINJAM BUKU INI/RENT THIS BOOK

0 comments:

Post a Comment